Terjadinya Selisih Kurs

SOFTWARE ACCOUNTING ACCURATE PROGRAM AKUNTANSI INDONESIA

Sehubungan dengan Selisih Kurs, di Accurate terdapat setting akun, Selisih Kurs Terealisir(Realize G/L) & Selisih Kurs Belum Terealisir(Unrealize G/L) dari Setup | Preferences | Currency Default Account, untuk masing-masing currency nya. Kita bisa menggunakan akun yang sama atau membedakan nya untuk setiap mata uang nya.

Pengakuan Selisih Kurs sendiri terjadi dalam kondisi :

A. Pelunasan dari Customer atau Pembayaran kita ke Vendor mata uang asing.

  • Accurate otomatis menghitung dan menjurnal selisih kurs transaksi pelunasan tsb, dihitung dari Rate Pelunasan dengan Rate Invoice yang dilunasi jika di Invoice dan Pelunasan di periode yang sama.
  • Atau jika beda periode maka selisih kurs akan dihitung dari Rate Pelunasan dengan Rate Period End periode sebelum tanggal Pelunasan(dengan rate penyesuaian Piutang dan Hutang terakhir pelaporan menggunakan rate berapa).
  • Pada saat Penerimaan atau Pembayaran dari Customer atau Vendor Mata Uang Asing ini, akun selisih kurs yang digunakan adalah Realize Gain/Loss.

B. Period End ( Activities | Periodik | Period End)

Pada saat Pelaporan, untuk dapat melaporkan akun-akun mata uang asing dengan Rate Current(Rate yang berlaku pada saat pelaporan) maka perlu dilakukan Adjustment. Yaitu menampilkan saldo akun mata uang asing dengan konversi menggunakan rate saat pelaporan.

Yang kita lakukan adalah setiap akhir periode pelaporan, lakukan Period End dari Activities | Periodik |Period End. Akan ditanyakan Rate pelaporan yang akan digunakan di periode yang dipilih untuk masing-masing jenis mata uang asing.

Accurate akan mengadjust dengan cara :

  • Membalik Saldo masing-masing account mata uang asing ke posisi sebaliknya sehingga 0.
  • Menampilkan saldo mata uang asing x Rate Period End, di tampilkan di posisi Debet atau Kredit tergantung saldo dari masing-masing mata uang asing tsb.

Pada saat Period End, akun Selisih Kurs yang digunakan untuk Account type Cash/Bank adalah Realize Gain/Loss dan diluar type tersebut masuk ke Unrealize Gain/Loss.

Hasil Jurnal Period End untuk Selisih Kurs dapat dilihat dari List | General Ledger | Journal Vouchers, Type Transaksi centang yang “Period End” saja.

Ditampilan jurnal hasil Period End, untuk setiap akun akan ada 3 baris akun yang dijurnal:

  1. Akun Mata Uang Asing bersangkutan untuk membalik saldo yang ada di GL(List – General Ledger – General Ledger Detail untuk akun bersangkutan). Disini akan terlihat kolom Rate adalah hanya hasil bagi dari Debet atau Kredit yang dibalik dibagi dengan Prime Amount(Nilai mata uang asing nya), karena intinya disini untuk membalik saldo yang ada di GL.
  2. Akun Mata Uang asing bersangkutan untuk menampilkan saldo sesuai dengan Rate Current/Rate yang mau digunakan untuk pelaporan periode bersangkutan.
  3. Akun Selisih  Kurs yang menampung selisih dari dua baris akun diatas.
Sumber : http://solutioncenter.wordpress.com
Pos ini dipublikasikan di Report, TIPS ACCURATE dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s